Senin, 12 Maret 2012

Mengenali Ronggowarsito sebagai Filsuf: Ketika Pemikiran Filsafat Dianggap Ramalan


Judul Buku: Mengenali Ronggowarsito sebagai Filsuf: Ketika Pemikiran Filsafat Dianggap Ramalan
Penulis: Lilik Sofyan Achmad 
Tahun terbit: 2012.
Jumlah Hal: 88 hal.
Ukuran: 14 cm x 21 cm (book paper).
Kover : Soft Cover
Penerbit: Bidik-Phronesis Publishing.
Harga: Rp. 26.000,-

Sinopsis:
Buah pikir para tokoh nusantara kerapkali hanya dianggap sebagai klenik atau ramalan. Anggapan ini tentu tidak bisa diamini begitu saja mengingat pemikiran para tokoh nusantara tersebut sebenarnya menunggu untuk disistematisasi oleh para penanggap atau komentatornya untuk ditafsir ulang dan ditempatkan pada konteks-konteks tertentu.

Bertolak dari kesadaran tersebut, penulis buku ini hendak membukakan tabir kepada kita semua bahwa anggapan-anggapan masa lampau itu pada hakikatnya keliru dan boleh digugat. Sudah bukan masanya lagi memandang sebelah mata kepada buah pikir para tokoh nusantara yang tersebar di dalam pelbagai bentuk

Salah satu tokoh yang dibahas di dalam buku ini adalah Ronggowarsito. Di dalam buku ini, Lilik menggunakan teori Pascakolonial untuk menguak anggapan tersebut sehingga Ronggowarsito mendapatkan tempat baru di dalam arena pemikiran filsafat.

Lilik sudah memulai langkah pembongkaran ini. Para pecinta filsafat atau akademikus filsafat di Indonesia tentu tidak bisa mengabaikan begitu saja langkah besar ini. Sebab, kebesaran pemikir barat pada hakikatnya juga bertolak dari inisiatif para sarjana filsafat di barat yang tekun untuk mengulas karya-karya filsuf sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar